Connect with us

Lingga

Maratusholiha Ajak Masyarakat Lingga Isi Pandemi Dengan Bercocok Tanam

Published

on

Maratusholiha Ajak Masyarakat Lingga

Lingga, Kabarbatam.com – Dimasa pandemi Covid-19 dan beberapa daerah diberlakukan PPKM Darurat yang mengharuskan orang untuk membatasi aktivitas diluar rumah, menyikapi hal tersebut, Maratusholiha selaku Ketua TP PKK Kabupaten Lingga mengajak masyarakatnya untuk mengisi waktu dirumah dan memanfaatkan pekarangan rumah dengan bercocok tanam.

Ajakan tersebut terlebih dahulu diterapkannya dengan TP PPK Lingga dengan memanfaatkan pekarangan kantor dan halaman Gedung Daerah, Dabo Singkep sebagai ruang kebun cabe dan terong. Dari tanaman yang telah ia tanam bersama TP PKK Lingga beberapa waktu lalu itu telah berhasil panen berkali-kali.

“Ini sudah panen untuk yang keempat kalinya. Mari kita manfaatkan waktu luang dan ruang kosong di pekarangan rumah kita untuk berkebun, seperti menanam cabe, terong dan tanaman lainnya yang mudah hidup dan bermanfaat,” kata Maratusholiha, saat panen cabe dan terong di halaman  Gedung Daerah Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Kamis (15/7/2021)

Untuk itu ia mengajak masyarakat ditengah pandemi Covid-19 dan diberlakukannya sejumlah peraturan guna menekan lonjakan penyebaran Covid-19, selain untuk mengurangi aktivitas di rumah dengan menambah aktivitas dirumah bercocok tanam.

Maratusholiha Ajak Masyarakat Lingga

Kebun cabe dan terong yang berada di halaman Gedung Daerah, Dabo Singkep

“Kita kurangi aktivitas di luar jika tidak ada kepentingan yang sangat mendesak, lalu kita tambah aktivitas kita dirumah dengan hal-hal yang bermanfaat, salah satunya bercocok tanam. Ada banyak tanaman yang mudah ditanam dan cepat panen serta bernilai ekonomis, salah satunya cabe dan terong,” katanya

Menurut istri Bupati Lingga ini, setidaknya jikalaupun hasilnya tidak dapat dijual karena hasilnya sedikit, hasil dari tanaman yang ditanam dipekarangan rumah dapat dimanfaatkan untuk keperluan sendiri. Tentunya kata Maratusholiha, selain hasilnya dapat bermanfaat juga akan membuat lingkungan menjadi lebih menarik, nyaman, indah, sehat dan menyenangkan, serta dapat memberikan manfaat untuk keluarga.

“Ini sudah panen yang ke empat kalinya, Alhamdulillah hasilnya memuaskan, setidaknya dari hasil panen yang ditaman dipekarangan rumah kita atau kantor dapat dimanfaatkan untuk konsumsi sendiri,” kata Istri Bupati Lingga ini

Di masa pandemi seperti ini, ibu rumah tangga harus lebih ekstra melakukan berbagai hal positif dirumah, seperti berkebun bisa menjadi salah satu kegiatan alternatif mengisi waktu luang di rumah bersama keluarga, dengan berkebun dapat memberikan efek yang sangat negatif dalam berumah tangga, contohnya dapat mengajarkan anak kita sejak dini bercocok tanam dan dengan berkebun juga membuah tubuh selalu bergerak agar tetap sehat.

“Tak perlu lahan luas, dengan pekarangan seadanya aja bisa kita manfaatkan dengan memanfaatkan polibag. Mari kita jeli memanfaatkan waktu dan memanfaatkan ruang kosong dirumah kita,” katanya.(Fikri)

Advertisement

Trending