Connect with us

Lingga

Nakes dan Satgas Covid-19 Lingga Berjibaku Vaksinasi dan Edukasi Masyarakat

Published

on

Nakes dan Satgas Covid-19 Lingga

Lingga, Kabarbatam.com – Guna mensukseskan program vaksinasi nasional yang bertujuan memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 dan membentuk kekebalan kelompok (herd immunity), tenaga kesehatan (nakes) dan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Lingga berjibaku melakukan vaksinasi dan edukasi masyarakat.

Kasi Surveilan dan Imunisasi Dinkes PPKB Lingga, Mellyanti mengatakan, pertanggal 25 September 2021 secara keseluruhan berdasarkan sumber data Surveilan dan Imunisasi Dinkes PPKB Lingga, capaian vaksinasi usia 18 tahun keatas dengan target sasaran 67.266 jiwa, pada dosis 1 telah tercapai sebanyak 51.936 jiwa atau 77,21 persen. Sementara pada dosis 2 telah tervaksin sebanyak 20.596 jiwa atau 30,62 persen.

Sementara untuk capaian vaksinasi pada usia 12-17 tahun dengan target sasaran 10.439 jiwa, untuk dosis 1 tercapai 6.973 jiwa atau 66,80 persen, lalu untuk dosis 2 tercapai 3.852 jiwa atau 36,90 persen.

Meski secara keseluruhan capaian vaksinasi telah mencapai target yang diharapkan, di wilayah Kecamatan Singkep Selatan capaian vaksinasi nya masih rendah.

“Dari seluruh Puskesmas se-Kabupaten Lingga capaian vaksinasi Puskesmas Resang terendah, dengan capaian pada usia 18 tahun keatas 47,91 persen dengan target sasaran 1.820 jiwa, dan usia 12-17 tahun keatas 42,75 persen dengan target sasaran 262 jiwa,” kata Kasi Surveilan dan Imunisasi Dinkes PPKB Lingga, Mellyanti, Minggu (26/09/2021)

Diungkapkan Mellyanti, petugas disetiap Puskesmas dan tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Lingga telah berupaya dan berusaha semaksimal mungkin memberikan edukasi serta menyediakan gerai vaksinasi, namun kesadaran masyarakat terkait pentingnya vaksinasi masih minim.

“Kami dari petugas Puskesmas maupun semua unsur yang tergabung dalam tim Satgas telah berusaha hampir setiap hari bergerak memberikan edukasi serta mendirikan gerai vaksinasi, tapi memang masih sulit mengajak masyarakat untuk sadar akan pentingnya vaksinasi,” kata Mellyanti

Untuk itu ia berharap, setiap individu dapat menjadi agen informasi yang meng-edukasi terkait pentingnya vaksinasi dengan tujuan membentuk imunitas kelompok dan memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19

Mellyanti mengajak masyarakat yang belum mendapat suntikan vaksin dosis 1 dan 2 agar dapat mendatangi gerai vaksinasi terdekat atau datang ke Puskesmas masing-masing wilayah kecamatan.

“Tentunya kami tak henti-hentinya mengajak masyarakat untuk bersama mensukseskan program vaksinasi sebagai ikhtiar bersama yang bertujuan memutuskan mata rantai penyabaran Covid-19,” katanya

Selain itu, Kasi Surveilan Dinkes PPKB Lingga juga mengimbau pada masyarakat, meski telah mendapatkan vaksin agar tetap disiplin protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak tidak melakukan kerumunan serta rajin mencuci tangan.(Fikri)

Advertisement

Trending