Connect with us

Lingga

Pembangunan Lingga Gaspol! Nizar Prioritaskan RPJMD Urgent di Sisa Masa Jabatannya

akhlilfikri

Published

on

Musrenbang Kecamatan Singkep Jpeg
Bupati Lingga, Muhammad Nizar diwawancarai usai membuka Musrenbang Kecamatan Singkep di Gedung Nasional Dabo Singkep, Senin (22/1/2024)

Lingga, Kabarbatam.com – Di tengah sisa masa jabatannya, Bupati Lingga Muhammad Nizar menunjukkan optimismenya dalam merealisasikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang bersifat urgent. Hal ini disampaikannya saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan Singkep pada 22 Januari 2024.

Nizar menegaskan bahwa usulan dalam Musrenbang, terutama yang bersifat urgen, akan diakomodir untuk pembangunan di tahun 2025, sesuai target RPJMD. Ia menekankan pentingnya memprioritaskan usulan berdasarkan urgensi dan kebutuhan masyarakat, dengan tetap memperhatikan keuangan daerah.

“Saya sebagai bupati hari ini, itu (RPJMD) masih menyisakan 2 tahun sebetulnya yang harus diselesaikan, namun kita tetap optimis yang menjadi urgent dari pembangunan walaupun tidak harus dua tahun, ini harus dilakukan terlebih dahulu yang menjadi hal-hal penting,” kata Nizar.

Prioritas Pembangunan Urgent dan Pencapaian di Singkep

Meskipun masih menyisakan 2 tahun masa jabatan, Nizar yakin pembangunan RPJMD yang urgent dapat diselesaikan tanpa harus menunggu. Ia menekankan pentingnya menyelesaikan hal-hal penting terlebih dahulu.

2024 01 24 Musrenbang Kecamatan Singkep 2024 Fokus Pada Kesejahteraan Masyarakat Dan Kemajuan Ekonomi

Musrenbang di Kecamatan Singkep

Di kepemimpinannya, Nizar telah menunjukkan berbagai pembangunan di Kecamatan Singkep, seperti penataan wajah Kota Dabo Singkep dan drainase yang sebelumnya sering menyebabkan banjir. Hasil survey menunjukkan tingkat kepuasan masyarakat cukup tinggi terkait pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur jalan di Singkep.

“Pelan-pelan di Kecamatan Singkep sudah mulai penataan wajah Kota Dabo, kemudian penanganan parit juga sudah kita tangani,” kata Nizar.

Tantangan dan Harapan di Tahun 2024

Meskipun demikian, Nizar mengakui masih ada problem di beberapa kecamatan lain terkait infrastruktur, air bersih, listrik, dan jaringan internet. Hal ini menjadi catatannya untuk terus diperbaiki.

Di tahun 2024, Nizar menegaskan bahwa kegiatan pembangunan akan terus berjalan dengan anggaran sebesar Rp 1 triliun 26 miliar. Ia berharap pembangunan di bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan lainnya dapat berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat bagi masyarakat Lingga.

“Insha Allah, untuk pendidikan, kesehatan, infrastruktur, baik itu PU, perhubungan, perikanan, pertanian, dan lain-lain, akan mengikuti dengan sendirinya. Tinggal kegiatannya berjalan saja,” kata Bupati Lingga Muhammad Nizar.

Sunep E1676875819317

Musrenbang di Kecamatan Singkep Pesisir

Optimisme Bupati Nizar dalam merealisasikan RPJMD urgent di sisa masa jabatannya patut diapresiasi. Prioritasnya terhadap pembangunan yang urgent dan memperhatikan kebutuhan masyarakat menunjukkan komitmennya untuk kemajuan Lingga.

Meskipun masih ada beberapa tantangan yang harus dihadapi, seperti infrastruktur, air bersih, dan jaringan internet di beberapa kecamatan, Nizar telah menunjukkan beberapa pencapaian di kepemimpinannya, seperti penataan wajah Kota Dabo Singkep dan drainase.

Dengan anggaran yang cukup besar di tahun 2024, diharapkan pembangunan di berbagai bidang dapat berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat Lingga.

Advertisement

Nasional

Trending