Connect with us

Headline

Tim MBKM UNIBA Borong Juara di Pesta Wirausaha Merdeka Polibatam Angkatan 2 Tahun 2023

redaksi.kabarbatamnews

Published

on

Img 20231122 Wa0120
Tim Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) UNIBA meraih juara pada acara puncak Pesta Wirausaha Polibatam angkatan 2 tahun 2023 yang diselenggarakan di Panbil Eco Edu Park, Batam, pada Rabu (22/11/2023).

Batam, Kabarbatam. com – Tim Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) UNIBA meraih juara pada acara puncak Pesta Wirausaha Polibatam angkatan 2 tahun 2023 yang diselenggarakan di Panbil Eco Edu Park, Batam, pada Rabu (22/11/2023).

Dengan Tema “Demoday & Pesta Wirausaha Merdeka Polibatam tahun 2023” seluruh peserta yang mengkuti kegiatan wirausaha dari berbagai kampus kumpul dan tumpah ruah di lokasi.

Sebanyak 65 kelompok unit usaha sudah menawarkan dan menyajikan berbagai bentuk unit usaha yang diperlombakan dengan level begineer dan advanced dengan 5 katagori yaitu agrebisnis, jasa, manufacturing dan kreatif serta dagang.

Dari beberapa katagori, tim Universitas Batam mengirimkan 2 kelompok yang terdiri dari 20 peserta dengan level advanced untuk katagori dagang dan agrebisnis yang didampingi oleh 2 orang dosen pembimbing antara lain Dr Fadlan, S.H.,M.H dan Ka.prodi S1 Ilmu Hukum, Cristiani Prasetiasari S.H. M.H.

Untuk Katagori Agrebisnis level Advanced tim yang diketuai oleh Sakinah dengan DPL Dr Fadlan S.H.,MH memperoleh juara 1 dan untuk katagori Dagang level advanced yang diketuai oleh Rina Siagian memperoleh juara 2.

Aman salah seorang anggota tim menyampaikan, tentunya perolehan juara yang sudah kami dapat ini tidak lepas dari dukungan dan arahan bapak/ibu dosen pembimbing.

“Banyak pengalaman yang didapat selama mengikuti program kewirausahaan ini,” ujar Aman.

Penilaian yang dilakukan oleh evaluator, lanjut Aman, begitu ketat dengan memperhatikan beberapa item yang ditampilkan oleh setiap peserta kompetisi wirausaha, belum lagi tampilan pelaporan secara digitalisasi menjadi instrumen penting dan menjadi salah satu aspek yang sangat dipertimbangkan.

Ditempat yang sama, Rina Wati Siagian mengatakan, juara ini kami dedikasikan untuk seluruh Civitas Akademika Fakultas Hukum Universitas Batam.

“Kami berharap adik-adik tingkat di Universitas kedepannya dapat termotivasi untuk ikut dalam program yang sama berikutnya,” ungkap Rina.

Dilanjutkan Rina, ucapan terimakasih kepada seluruh tim yang sudah bergabung dalam WMK tahun 2023 angkatan 2 yang sudah berkerja hampir 4 bulannya, dan tak lupa terima kasih secara khusus kepada bapak/ibu DPL yang sudah membimbing dan memberikan arahan dari awal kegiatan hingga akhir.

Sementara, Dr Fadlan S.H. M.H selaku Dosen Pembimbing Lapangan ( DPL) menambahkan, program WBKM ini sangat bagus untuk dijalankan dan harapan saya ini terus berjalan yang tujuannya tidak lain untuk menjawab tantangan Perguruan Tinggi untuk menghasilkan lulusan yang sesuai perkembangan zaman, kemajuan IPTEK, tuntutan dunia usaha dan dunia industri, maupun dinamika masyarakat.

Di tempat yang sama, Ka.Prodi S1 Ilmu Hukum Cristiani Prasetiasari S.H.,M.H menyampaikan, terima yang sebesar-besar kepada seluruh peserta yang telah bejuang dan bekerja dengan baik dan penuh semangat.

“Ini merupakan pencapaian yang sebelumnya tidak pernah kami pikirkan, dan Alhamdulilah kita bisa menang di dua katagori,” tutup Cristiani.

Sebagai informasi Program Kampus Merdeka Merdeka Belajar (MBKM) merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa/i untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan.

Dalam penerapannya, lewat Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk 1 semester (setara dengan 20 SKS) menempuh pembelajaran di luar program studi pada perguruan tinggi yang sama.

Dan paling lama 2 semester atau setara dengan 40 SKS menempuh pembelajaran pada program studi yang sama di perguruan tinggi yang berbeda, pembelajaran pada program studi yang berbeda di perguruan tinggi yang berbeda, dan atau pembelajaran di luar perguruan tingginya. (Atok)

Advertisement

Nasional

Trending