Connect with us

Lingga

Timpora Imigrasi Dabo Singkep Sidak Orang Asing di KIP Gosyen

Published

on

Timpora Imigrasi Dabo Singkep
Kasi Teknologi dan Komunikasi Roy Megantoro didampingi Kasubsi Intelejen Keimigrasian Dany Astrianto

Lingga, Kabarbatam.com – Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Dabo Singkep lakukan Operasi Gabungan (Opgab) Timpora (Tim Pengawasan Orang Asing) di wilayah Desa Kote, Kecamatan Singkep Pesisir, Kabupaten Lingga, Kamis (23/09/2021)

Ketua Timpora yang merupakan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Dabo Singkep, Nayaka Duta Harahap melalui Kasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Roy Megantoro mengatakan, sebelum dilakukannya operasi gabungan Timpora yang terdiri dari unsur TNI-Polri dan pihak perangkat kecamatan dan desa, terlebih dahulu dilakukan rapat koordinasi yang berlangsung di One Hotel, Kecamatan Singkep.

“Setelah ini kita akan melakukan operasi gabungan dengan target operasinya adalah KIP Gosyen di wilayah Desa Kote. Setelah itu kita akan kembali dan melakukan rapat koordinasi evaluasi hasil OPGAB” kata Kasi Teknologi dan Komunikasi Roy Megantoro didampingi Kasubsi Intelejen Keimigrasian Dany Astrianto

Dijelaskan Roy Megantoro, tujuan dilaksanakan opgab secara berkala terhadap orang asing tersebut, selain dalam rangka pengawasan terhadap keberadaan orang asing serta kegiatannya, juga untuk pemeriksaan izin keimigrasian orang asing sekaligus guna mempererat silaturahmi dan bertukar informasi antara instansi yakni TNI-Polri serta perangkat kecamatan dan desa yang tergabung dalam Timpora.

“Jadi, Opgab (operasi gabungan) Timpora ini secara periodik kita laksanakan, pada operasi kali ini kita memiliki satu target operasi di Wilayah Kecamatan Singkep Pesisir, yang mana kita akan melakukan pengawasan orang asing terkait keberadaan serta kegiatannya berdasarkan pengajuan izin keimigrasian yang diajukan dan nantinya jika ditemukan temuan akan ditindaklanjuti,” ungkapnya

Diungkapkan Roy Megantoro, hasil dari operasi gabungan Timpora pada target operasi di Desa Kote, Kecamatan Singkep Pesisir, terhadap orang asing yang merupakan Tenaga Kerja Asing tidak ditemukan adanya pelanggaran dan operasi berjalan dengan lancar, aman dan terkendali.

“Hasil dari Ogap Timpora pada target operasi kita di KIP Gosyen didapati 2 TKA (tenaga kerja asing) warga negara Thailand pemegang izin tinggal terbatas perairan (ITAS Perairan) tidak ditemukan pelanggaran dan anggota Timpora mengingatkan jangan sampai melakukan kegiatan yang melanggar hukum keimigrasian dan utamakan prokes,” ungkap Roy

Saat disinggung terkait kendala dalam pelaksanaan pengawasan orang asing, Roy Megantoro juga mengatakan, mengingat wilayah Kabupaten Lingga yang terdiri dari banyak pulau-pulau, pihaknya dalam pelaksanaan pengawasan orang asing sedikit mengalami kendala yakni kekurangan sarana dan prasarana serta keterbatasan personel.

“Untuk kendala kita dilapangan kita kekurangan sarana dan prasarana, lalu untuk personel sebenarnya juga tidak cukup, namun keterbatasan dan hambatan itu bukan penghalang bagi kita untuk bekerja dengan maksimal. Ditambah lagi dengan adanya Timpora ini kita bisa bersinergi dan bekerja lebih baik,” ujar Roy Megantoro

Ditambahkan, Dany Astrianto sejauh ini dilakukannya pelaksanaan operasi gabungan pengawasan orang asing tidak ditemukan pelanggaran keimigrasian. lebih jauh dijelaskan Dany, untuk keberadaan orang asing di Kabupaten Lingga tercatat di Imigrasi Dabo Singkep yang berada diatas kapal alat angkut atau Kru kapal sebanyak 20 orang, lalu untuk perkawinan campuran tercatat sebanyak 5 orang.

“Kalau untuk orang asing banyak, yakni tenaga kerja asing diatas kapal alat angkut di wilayah Pekajang. Kalau untuk orang asingnya disini cuma ada 10 orang tapi itupun beberapa dari mereka keluar ke Tanjungpinang dan Batam setelah itu balik lagi ke Lingga. Lalu untuk perkawinan campuran itu di sini (Lingga) ada 5 orang, 1 orang telah meninggal dunia dan telah kita laporkan kekedutaanya,” kata Dany Astrianto.(Fikri)

Advertisement

Trending