Connect with us

Bintan

WCS Mayors Forum 2023, Bupati Roby Jadi Inisiator 4 Sektor Kerja Sama dengan Pemerintah Seoul

redaksi.kabarbatamnews

Published

on

Img 20230930 Wa0070
Bintan Roby Kurniawan sukses menjadi salah satu bagian dari 49 Kepala Daerah (Wali Kota) dari Asia, Eropa bahkan Afrika dalam WCS Mayors Forum 2023 di Seoul.

Bintan, Kabarbatam. com – World Cities Summit (WCS) Mayors Forum 2023 di Seoul-Korsel telah berakhir.

Event bergengsi dunia tersebut memang melahirkan banyak catatan kemajuan khususnya bagi Bupati Bintan Roby Kurniawan yang menjadi salah satu bagian dari 49 Kepala Daerah (Wali Kota) dari Asia, Eropa bahkan Afrika.

Bupati Roby diketahui sebelumnya telah memaparkan dan memperkenalkan inovasi kebijakan, program hingga potensi di Kabupaten Bintan. Tanpa ketinggalan satu poin pun, semua paparan Roby dalam tiap sesi WCS Mayors Forum selalu mendapat apresiasi dari Sekretariat WCS dan peserta yang hadir.

IMG_20231001_191038

Bupati Roby berkesempatan melaksanakan networking dengan Seoul Urban Solution Agency (SUSA) dari Pemerintah Kota Seoul untuk membahas Policy Sharing Initiative, Senin (25/09).

SUSA sendiri merupakan Badan Solusi Perkotaan Seoul. Yaitu entitas (wujud lembaga) yang berdedikasi untuk berbagi dan memberikan solusi perkotaan terintegrasi kepada kota-kota yang membutuhkan pengalaman Seoul. Guna tumbuh menjadi kawasan perkotaan yang cerdas, layak huni, ramah lingkungan, dan berkelanjutan secara ekonomi.

Pada kesempatan ini Bupati Roby menjadi inisiator kerja sama pada empat sektor, mulai dari pemberdayaan ekonomi pemuda, ketenagakerjaan, pengembangan pariwisata dan kebudayaan serta digitalisasi sistem pemerintahan.

IMG-20230930-WA0069

Pada kesempatan tersebut, Roby secara gamblang memaparkan 4 hal tersebut kepada Tim SUSA yang kemudian mendapat respon positif dan ketertarikan khususnya terkait kepemudaan di Bintan. Dimana mereka memaparkan bahwa program tersebut cocok dengan giat ekonomi pemuda yang telah mereka (Pemerintah Kota Seoul) lakukan.

“Mereka yang akan membantu asistensi perencanaan terhadap 4 sektor tersebut. Dari situ nanti kita harapkan dapat memperkuat hubungan antara Pemerintah Seoul dengan Pemkab Bintan” kata Roby ketika dikonfirmasi, Jum’at (29/09).

Mengingat cukup banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Bintan adalah warga Korea Selatan. Bupati Roby berasumsi akan sangat baik jika ditingkatkan kerja sama pada sektor pariwisata ini.

IMG-20230930-WA0068

Target peningkatan kerja sama juga direncanakan pada sektor ketenagakerjaan, seiring dengan peningkatan permintaan penempatan tenaga kerja Bintan ke Korea Selatan. Terutama untuk yang bersertifikasi welder. Selain itu, asistensi dari sisi kebijakan SUSA dan Pemerintah Kota Seoul juga akan menyiapkan pendidikan dan pelatihan untuk up-skilling dan re-skilling SDM (Sumber Daya Manusia) Bintan. Hal itu segera dijalankan, setelah pertemuan antar kedua tim teknis nantinya. (*)

Advertisement

Nasional

Trending