Connect with us

Karimun

Wujud Pemerataan, Pemkab Karimun Prioritaskan Pembangunan di Lima Kecamatan yang Masih Tertinggal

Published

on

Foto Aunur Rafiq, Bupati karimun, karimun, Pembangunan di Karimun
Bupati Karimun, Aunur Rafiq usai membuka Musrenbang dalam rangka penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Karimun 2021-2026 di Gedung Nasional Karimun, Senin (2/8/2021) pagi.

Karimun, Kabarbatam.com – Sebanyak lima kecamatan menjadi prioritas pembangunan infrastruktur Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun, Kepulauan Riau (Kepri) pada tahun 2021 sampai 2026.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Bupati Karimun, Aunur Rafiq usai membuka Musrenbang dalam rangka penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Karimun 2021-2026 di Gedung Nasional Karimun, Senin (2/8/2021) pagi.

“Adapun kelima kecamatan itu, diantaranya, Kecamatan Durai, Kecamatan Belat, Kecamatan Ungar dan dua kecamatan yang baru saja dimekarkan. Yaitu, Kecamatan Selat Gelam, Kecamatan Sugi Besar,” ujar Bupati Rafiq.

Bupati mengatakan, pihaknya akan fokus untuk melakukan pembangunan infrastruktur di kelima kecamatan tersebut.

“Melanjutkan pembangunan infrastruktur yang selama ini optimalisasi pemerataannya belum tercapai, seperti pembangunan infrastruktur jalan yang memang selama ini merupakan akses untuk ekonomi masyarakat yang perlu kita tingkatkan, kemudian pelabuhan, ketersediaan air bersih dan lainnya,” kata Bupati Rafiq.

Bupati menjelaskan, bahwa masih belum merata atau tertinggalnya infrastruktur menjadikan alasan kelima kecamatan tersebut menjadi prioritas pembangunan.

Terlebih, kata Bupati, pemerataan terhadap pembangunan merupakan visinya bersama Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim. Yaitu, Mewujudkan Kabupaten Karimun sebagai Pusat Pertumbuhan Ekonomi yang Berkeadilan dan Berlandaskan Iman dan Taqwa.

“Bicara tentang pembangunan yang berkeadilan artinya kita harus melakukan pemerataan. Daerah yang besar mendapat besar dan yang kecil mendapat kecil. Merata belum tentu adil, kalau adil pasti merata. Kelima kecamatan ini infrastrukturnya masih jauh, maka kita fokus disini dan alihkan dulu pembangunan yang sebelumnya konsen di kecamatan lain,” jelas Bupati.

“Namun, dengan tidak meninggalkan pembangunan-pembangunan di kecamatan lainnya,” tambahnya.

Lebih lanjut, Bupati mengungkapkan bahwa prioritas pembangunan kelima kecamatan tersebut akan tertuang dalam Musrenbang RPJMD Kabupaten Karimun tahun 2021-2026.

Musrenbang itu sendiri, kata dia, bertujuan untuk mendapatkan masukkan dan saran serta tanggapan positif terhadap RPJMD yang telah disusun oleh dirinya dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Tentunya, agar RPJMD yang kita susun untuk kesejahteraan masyarakat ini semakin baik, semakin sempurna dan visi-misi di masa kepemimpinan kami dapat diwujudkan,” ujar Bupati Rafiq. (Yogi)

Advertisement

Trending