Connect with us

Kesehatan

Baru Tahu Khasiat Bawang Putih, Benarkah Ampuh Cegah Badai Sitokin?

Published

on

Foto Bawang Putih, Kesehatan, Khasiat Bawang Putih

Kabarbatam.com – Bawang putih tak hanya bisa digunakan sebagai bumbu masak atau penyedap masakan. Bawang putih tergolong herbal yang kaya manfaat.

Pemilik brand minuman herbal Satya Natural Juice, Steven Cornelius Putra mengatakan bawang putih memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

“ Bawang putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti meredakan infeksi, radang dan pilek, menurunkan kadar kolesterol, mencegah penyakit jantung, dan mengendalikan tekanan darah,” kata Steven dalam siaran pers, Jumat (10/9).

Steven merujuk pada The National Center for Biotechnology Information dalam jurnal berjudul “The effects of allium sativum on immunity within the scope of COVID-19 infection”, allium sativum.

Dikatakan penelitian itu, konsumsi bawang putih bisa jadi salah satu tindakan pencegahan terhadap infeksi Covid-19. “Bawang putih juga bisa terhindar dari badai sitokin,” ungkapnya.

Menurut Steven kandungan herbal dalam bawang putih mesti dijaga agar produk yang dijual tetap berkualitas dengan memerhatikan stabilitas zat aktif dalam bahan yang digunakan. Produsen juga perlu memastikan produknya tidak mengandung bahan pengawet.

“Maka untuk membuat produk herbal bawang putih mampu bertahan hingga bulanan di suhu ruangan, diperlukan proses sterilisasi,” ucap Steven.

Proses strerilisasi juga bermanfaat mengurangi aroma bawang putih yang menyengat dan mengurangi sensasi tidak nyaman di mulut, seperti aroma dan rasa bawang putih. Selain menggunakan bawang putih, Steven menggunakan herbal alami lain seperti jahe merah, madu hutan, cuka apel, dan lemon. Bahan-bahan tersebut dipercaya dapat membantu dalam menjaga kesehatan tubuh, serta menurunkan lemak darah dan asam lambung.

“Campuran herbal ini sudah dikonsumsi oleh keluarga besar saya secara turun-temurun. Dan ternyata manfaatnya cukup bagus buat kesehatan,” kata Steven.(*)

Advertisement

Trending