Connect with us

Karimun

Lanal TBK Serahkan 3 Unit Kapal Nelayan Hanyut akibat Cuaca Ekstrem

Published

on

Foto danlanal tbk, Kapal nelayan, kapal nelayan hanyut, karimun, Lanal Tbk
Sebanyak 3 unit kapal nelayan yang sebelumnya ditemukan hanyut oleh Posmat TNI AL Pulau Buru kembali diserahkan kepada pemiliknya, Selasa (24/8/2021).

Karimun, Kabarbatam.com – Sebanyak 3 unit kapal nelayan yang sebelumnya ditemukan hanyut oleh Posmat TNI AL Pulau Buru kembali diserahkan kepada pemiliknya, Selasa (24/8/2021).

Proses penyerahan dilakukan oleh Pasops Lanal TBK, Kapten Laut (P) Amirin yang turut disaksikan oleh Unsur Pimpinan Kecamatan (Uspika) Buru.

“Sebanyak 3 kapal nelayan ini sebelumnya kita temukan hanyut dan setelahnya langsung kita telusuri siapa pemiliknya, kita cek berkas kepemilikannya. Setelah dinyatakan lengkap, baru kita serahkan,” ujar Pasops Lanal TBK, Kapten Laut (P) Amirin.

Amirin menjelaskan, bahwa ketiga kapal tersebut sebelumnya ditemukan hanyut hingga ke pulau Pacat, Kecamatan Buru atau berkisar 1 mil dari lokasi sandar sebenarnya.

Kondisi cuaca buruk yang melanda wilayah Pulau Buru menjadi penyebab hanyutnya ketiga kapal milik nelayan tersebut.

“Setelah ditemukan, ketiga kapal langsung kita amankan di Posmat pulau Buru dan hari ini kita serahkan ke pemiliknya sesuao prosedur yang berlaku,” katanya.

Foto danlanal tbk, Kapal nelayan, kapal nelayan hanyut, karimun, Lanal Tbk

Agar kejadian serupa tidak terjadi, Amirin mengimbau agar para nelayan dapat waspada dan menjaga kapal mereka apabila terjadi cuaca ekstrem.

“Situasi cuaca sekarang ini sedang tidak menentu. Dengan begitu, kami mengimbau seluruh nelayan harus waspada dan segera cari tempat perlindungan apabila cuaca benar-benar ekstrem,” ucap Amirin.

“Alat komunikasi dan keselamatan juga harus dilengkapi, seperti pelampung dan kompas,” tambahnya. (Yogi)

Advertisement

Trending